Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Komitmen Wujudkan Pelayanan Kesehatan Capai Target UHC

  • Oleh Hendri
  • 25 September 2020 - 15:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya dan BPJS Kesehatan berkomitmen mencapai target Universal Health Coverage (UHC) untuk memastikan setiap masyarakat memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan.

Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya, Muhammad Masrur, Jumat 25 September 2020.

Fairid mengatakan, UHC bertujuan untuk kesetaraan dalam mengakses layanan kesehatan. Semua orang akan mendapatkan layanan yang dibutuhkan, tidak hanya terbatas bagi mereka yang dapat membayar layanan tersebut.

"Dengan adanya UHC, kualitas layanan kesehatan penerima layanan akan semakin baik dan masyarakat terlindungi dari risiko finansial," kata Fairid.

Wilayah setempat, UHC ini masih belum sempurna dan belum mencover penerima manfaat dari seperti Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang dikhususkan bagi masyarakat golongan rendah sebagai penerima manfaat.

“Saat ini kita masih berada di level 85-90% saja dalam menyelenggarakan UHC, dan keinginan ditahun 2020 ini warga tercover minimal 95 persen dan merasakan manfaatnya," ungkapnya.

Fairid berharap, apa yang sudah direncanakan bersama BPJS Kesehatan bisa terealisasi. Ke depannya pemerintah merealisasikan anggaran melalui APBD untuk mencover pembayaran JKN-KIS bagi masyarakat golongan bawah yang sudah terdata. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru