Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai

  • Oleh ANTARA
  • 25 September 2020 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru - Dumai sepanjang 131,5 kilo meter secara virtual.

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer dengan biaya Rp12,18 triliun telah rampung dan telah selesai," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat 25 September 2020.

Jokowi meresmikan tol tersebut melalui video conference didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Riau Syamsuar, dan pejabat terkait lain hadir langsung di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai.

"Sudah dapat dioperasikan secara penuh dan sudah bisa digunakan untuk mendukung kegiatan produktif baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera," ujarnya.

Tol Pekanbaru - Dumai merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilo meter yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

"Ini akan meningkatkan konektivitas antara ibu kota provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribisnis yang maju seperti yang tadi disampaikan Gubernur Riau, juga kawasan industri dan perkebunan lainnya," ungkapnya.

Jalan tol ini juga memperpendek jarak tempuh Kota Pekanbaru-Dumai dari sebelumnya 200 kilo meter jika lewat jalan nasional menjadi hanya 131 kilo meter jika ditempuh via jalan tol.

"Dengan kondisi ini truk pengangkut sawit, pengangkut minyak, angkutan logistik, angkutan penumpang akan lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya," tambahnya.

Tol ini dibangun oleh PT Hutama Karya (HK) dalam enam seksi yang melintasi 4 kabupaten dan kota di Riau. Tol ini punya keunikan karena untuk pertama kalinya menggunakan terowongan satwa untuk perlintasan Gajah Sumatera disejumlah wilayah jelajah hewan endemik yang terancam punah itu.

Tol Pekanbaru – Dumai seksi 1 telah dibuka secara fungsional pada periode Lebaran 2020 lalu. Sedangkan seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) hingga seksi 6 (Duri Utara – Dumai) masih melakukan serangkaian uji layak fungsi (ULF) pada Juli 2020.

Berita Terbaru