Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Korban Banjir di Kotawaringin Lama Mulai Terserang Penyakit Kulit

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 26 September 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dampak banjir yang melanda Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kini tidak hanya mengganggu aktivitas keseharian warga. Namun kini, warga korban banjir mulai terserang penyakit kulit.

Kepala Puskesmas Kolam Gusti Sadikin menyampaikan, sejumlah warga korban banjir di Kelurahan Kotawaringin Hulu dan Kelurahan Kotawaringin Hilir, mulai terkena penyakit gatal-gatal pada bagian kaki.

"Penyakit itu dikenal warga setempat denga sebutan 'penyakit tarai', setelah kami mendapat informasi terkait adanya warga yang mengalami gatal - gatal, terutama pada bagian kaki, petugas langsung kami terjunkan untuk memberikan pelayanan kesehatan," ujar Gusti Sadikin, Sabtu, 26 September 2020.

Lanjutnya, kata Gusti Sadikin bahwa petugas harus masuk ke kawasan yang masih tergenang banjir. Pasalnya, masih ditemukan adanya warga yang enggan berobat atau minimal memeriksakan kesehatannya ke puskesmas.

"Jadi mereka ini berasumsi kalau datang ke puskesmas akan ada pemeriksaan terkait Covid-19, dikhawatirkan nanti ada gejala covid-19 dan ada pemeriksaan lanjutan dan menjalani karantina," ungkapnya.


Gusti Sadikin mengungkapkan, bahwa saat ini air berangsur surut. Pihaknya meminta warga jangan lengah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhindar dari penyakit.

"Tidak kalah pentingnya kami mengingatkan, apabila ada warga mempunyai gejala sakit, segera periksa atau berobat agar segera mendapat penanganan kesehatan," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru