Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Steril Gratis Distankepang Hanya untuk Anjing dan Kucing Jantan Lokal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 September 2020 - 23:59 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Seksi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau Distankepang Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono mengatakan bahwa salah satu syarat untuk mengikuti program steril gratis dalam rangka Hari Rabies Sedunia pada Senin, 28 September 2020 adalah harus berjenis kelamin jantan. Selain itu, juga hanya untuk hewan peliharaan domestik atau lokal yakni anjing dan kucing.

"Kita pilih hanya melakukan program steril kepada anjing dan kucing yang jantan untuk program ini. Alasannya karena anjing maupun kucing jantan itu setelah disteril bisa langsung dibawa pulang oleh pemiliknya, sementara kalau yang betina kan harus dirawat inap dulu," kata drh Eko pada Sabtu, 26 September 2020.

Selain itu juga, lanjut drh Eko, program ini dikhususkan untuk anjing lokal, sementara untuk anjing ras tidak diperbolehkan.

"Kalau anjing ras kan pemiliknya pasti beli, bahkan bisa jadi mendatangkan sendiri dengan biaya sendiri dari luar daerah, jadi harus tanggung jawab sendiri. Makanya program ini untuk anjing dan kucing lokal saja dan khusus jantan saja," tuturnya.

Program ini menurut drh Eko dilaksanakan dalam rangka Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September.

"Meski demikian DKPP mengagendakan program ini dilaksanakan pada 30 September 2019 karena tanggal 28 September tahun ini kan hari Sabtu," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru