Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sulung Ranch Laksanakan Program Pemurnian Sapi Bali untuk Cegah Kepunahan

  • Oleh Norhasanah
  • 27 September 2020 - 12:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Peternakan Sulung Ranch melaksanakan program pemurnian sapi Bali. Hal ini dilakukan agar sapi asli Indonesia yang memiliki nama latin Bos Javanicus atau Bos Banteng tersebut tidak punah.

Kegiatan pemurnian sapi Bali telah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir. Hingga saat ini lebih dari 3.500 ekor sapi Bali telah diternakkan di Sulung Ranch, Kotawaringin Barat.

"Dalam beberapa tahun terakhir Sulung Ranch telah melakukan apa yang disebut pemurnian sapi Bali,  dengan mendatangkan indukan dan sapi jantan langsung dari Pulau Bali," kata Manager Sulung Ranch, Dwi Hartanto, Minggu, 27 September 2020.

Sapi Bali yang didatangkan tersebut kemudian kembangbiakkan di area perkebunan kelapa sawit, di mana kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya turut serta dalam menjaga kelestarian populasi sapi Bali di luar Pulau Bali.

"Saat ini jumlah sapi Bali yang diternakan di  Sung Ranch jumlahnya telah lebih dari 3.500 ekor," ujarnya.

Menurut Dwi, selain jenis sapi Bali, juga ada beberapa jenis sapi-sapi lainnya yang dikembangkan di Sulung Ranch, seperti Limosin. Sehingga totalnya hampir mencapai 10.000 ekor. 

"SSMS Group juga mengembangkan perternakan sapi ke Kabupaten Sukamara," ungkapnya. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru