Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Curah Hujan di Katingan Kembali Tinggi, Warga Khawatir Banjir Susulan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 27 September 2020 - 09:00 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Curah hujan sejak beberapa hari terakhir di wilayah Kabupaten Katingan kembali tinggi setelah sebelumya sempat panas.

Bahkan tiga hari terakhir termasuk Minggu, 27 September 2020, hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah kecamatan di kabupaten tersebut. 

Di Kasongan misalnya, hujan cukup lebat mulai mengguyur sejak subuh tadi dan hingga berita ini diturunkan pukul 07.25 WIB, hujan lebat masih berlangsung.

Dampaknya, daerah  aliran sungai atau DAS Katingan terutama di wilayah Kasongan kembali pasang dan di beberapa tempat sudah sejajar dengan bibir sungai. 

Sebelumnya, setelah banjir besar termasuk di Kasongan, DAS Katingan ini sempat menyurut, namum kini kembali pasang.

Kondisi ini dikhawatirkan sejumlah warga Katingan terutama yang bermukim di bantaran sungai yang sebelumnya rumah mereka kebanjiran. "Kalau cuacanya tiap hari terus hujan lebat begini,  bukan tidak mungkin air Sungai Katingan akan meluap lagi, " kata Ipan,  warga Kasongan.  

Sementara itu, saat ini banjir masih menggeangi sebagian rumah warga di dua wilayah kecamatan, yakni  Payawan dan Kamipang.  Meski kondisinya sudah menyurut dibanding sebelumnya,  banjir di dua wilayah kecamatan ini  tidak serta merta langsung surut seperti wilayah kecamatan lain di bagian hulu. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga mengatakan,  berdasarkan prakiraan cuaca pihak BMKG Kalteng,  sejumlah wilayah kecamatan di Katingan masih berpotensi terjadi hujan, yakni Kamipang, Katingan Hilir dan Tewang Sanggalang Garing. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru