Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Sosial Barito Timur Bantu Evakuasi 17 Orang Terlantar dari Kaltim

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 27 September 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur membantu proses evakuasi 17 orang yang terlantar dari Kalimantan Timur untuk kembali ke daerah asalnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur menjelaskan, 17 orang yang dievakuasi tersebut merupakan warga Kalimantan Barat yang bekerja di salah satu perusahaan hutan tanaman industri atau HTI akasia di wilayah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur dengan difasilitasi agen penyalur tenaga kerja.

"Sesuai kontrak mereka sudah bekerja di sana 6 bulan. Sejak bulan pertama hasil kerja tidak dibayar serta bon pinjam untuk dikirim ke keluarga di daerah asal juga tidak diberi perusahaan," tutur Riza di Tamiang Layang, Minggu 27 September 2020.

Merasa hak-hak mereka tidak dipenuhi oleh pihak perusahaan, lanjutnya, akhirnya 17 pekerja tersebut memutuskan untuk berhenti bekerja dan pergi dari areal kerja dengan berjalan kaki.

Mereka kemudian mendapatkan bantuan dari TNI yang memfasilitasi transportasi ke Dinas Sosial Kabupaten Paser Penajam Utara yang kemudian diteruskan ke Dinas Sosial Kabupaten Tabalong.

"Dari Tabalong diantar ke Polsek Pasar Panas yang dilanjutkan Dinas Sosial Barito Timur tadi malam. Karena tidak ada travel malam hari jadi baru pagi ini kami berangkatkan ke Dinas Sosial Provinsi Kalteng untuk dibantu hingga tiba ke tempat asal," jelas Riza.

Dia mengungkapkan, dinas sosial setempat membantu kebutuhan makan dan transportasi 17 orang terlantar tersebut hingga sampai ke dinas sosial provinsi.

Nantinya, lanjut dia, dinas sosial provinsi akan memfasilitasi untuk melanjutkan perjalanan berikutnya. "Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah jika ada orang-orang yang terlantar, apalagi kalau itu warga di daerah setempat, pemerintah daerah harus menyediakan anggaran untuk penanganan orang terlantar tersebut," tutur Riza. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru