Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Percepatan Pemerataan Pembangunan Harus Dimulai dari Desa

  • Oleh Naco
  • 27 September 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, SP Lumban Gaol mendorong pembangunan di desa dilakukan secara berkelanjutan, untuk mempercepat pemerataan pembangunan.

Dia mengatakan, pada dasarnya pembangunan memang berawal dari desa dan berakhir di perkotaan. Sehinga, dampak dari sistem pembangunan berasal dari desa ini akan mendorong percepatan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

"Masyarakat desa masih sangat membutuhkan sentuhan pembangunan agar aktivitas perekonomian semakin lancar. Untuk itu, pembangunan desa harus dilakukan berkelanjutan," kata SP Lumban Gaol, Minggu, 27 September 2020.

Ia mengatakan, infrastruktur di desa-desa pelosok masih terbatas. Bahkan tidak sedikit desa yang masih terisolasi jalan darat.

Pemerintah kabupaten memang telah membuat program pembangunan jangka menengah dan panjang. Semua digariskan secara jelas. Namun pelaksanaannya belum sesuai harapan karena terkendala keterbatasan anggaran.

Luasnya wilayah yang tidak sebanding dengan kemampuan keuangan daerah, membuat upaya percepatan pemerataan pembangunan dilaksanakan menyesuaikan kondisi keuangan daerah.

Pembangunan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Namun kini pembangunan di desa bisa dipercepat karena setiap desa mendapat kucuran dana cukup besar melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). 

Sayangnya, pembangunan melalui program dana desa ini dibatasi. Tidak semua proyek dan kegiatan fisik di desa bisa dibiayai dana desa, apalagi infrastruktur penghubung desa yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten.

"Di situlah peran dari APBD Kotim untuk dikucurkan membiayai program tersebut," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru