Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkulu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lonjakan Kasus Covid-19 Dinilai Menjadi Sebab Asing Kabur dari Pasar Modal

  • Oleh Teras.id
  • 27 September 2020 - 17:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee berujar sudah 16 pekan investor asing melakukan penjualan di pasar modal Tanah Air. Artinya, dana asing terus keluar dari bursa saham Indonesia.

"Salah satu faktor yang diperkirakan membuat dana asing keluar adalah penanganan covid 19 yang lemah dan kasus baru yang terus naik," ujar Hans dalam keterangan tertulis, Ahad, 27 September 2020.

Pada pekan ini, kata dia, tercatat jual bersih asing adalah Rp 2,17 triliun. Sementara selama tiga bulan terakhir, asing tercatat melakukan penjualan Rp 28,39 triliun dan apabila dilihat sejak awal tahun, asing tercatat keluar Rp 58,42 triliun.

Hans mengatakan kondisi ini tidak baik karena investor asing memiliki 49,95 persen saham non warkat atau scripless di Bursa Efek Indonesia, berdasarkan catatan KSEI.

"Terlihat investor lokal cukup kuat mengangkat indeks di tengah tekanan jual asing, tetapi tidak tahu sampai berapa lama," ujar dia.

Menurut dia, para investor asing memperhatikan penanganan Covid-19 di Tanah Air. Salah satunya jumlah pengetesan di Indonesia yang masih rendah hanya 11.560 orang per 1 juta populasi. Angka itu, tuturnya, jauh di bawah Filipina yang 32.672 orang per 1 juta populasi, serta Amerika Serikat yang mencapai 309.524 orang per 1 juta penduduk.

Isu lainnya yang menjadi perhatian pemodal asing adalah wacana resisi Undang-undang Bank Indonesia yang berpotensi menghilangkan independensi bank sentral.

"Serta pengalihan pengawasan industri keuangan dari OJK ke BI membuat dana asing deras keluar dari pasar keuangan Indonesia," tutur Hans.

Hans berujar langkah mengubah pondasi industri keuangan di tengah badai sangat berisiko merobohkan bangunan ekonomi Indonesia. "Isu ini sudah dibantah tetapi berkontribusi pada pelemahan nilai tukar Rupiah dan keluarnya dana asing dari pasar keuangan Indonesia beberapa pekan sebelumnya.".

Rupiah yang melemah plus keluarnya dana asing, menurut Hans, membuat IHSG sulit menguat signifikan dan cenderung sideways sampai akhir tahun.

TERAS.ID

Berita Terbaru