Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

8 Cara Hadirkan Nuansa Alam Dalam Rumah

  • Oleh Teras.id
  • 27 September 2020 - 19:10 WIB

TEMPO.COJakarta - Tak sedikir orang yang ingin menghadirkan suasana alam di dalam rumahnya. Tentu dengan memandang alam suasana rumah terasa lebih segar, tenang dan menghadirkan perasaan damai. Nah, menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah bukanlah hal mustahil.

Bahkan, konsep seperti ini sudah menjadi tren dalam desain interior era modern. Sebagian besar penghuni rumah memilih langsung meletakkan tanaman ke dalam ruangan, sementara sebagian lain memilih cara berbeda. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadirkan nuansa alam yang menyegarkan ke dalam rumah.

Tips menghadirkan suasana alam di dalam rumah

1. Meletakkan Tanaman Indoor

Seperti yang sudah diungkap di awal, meletakkan tanaman di dalam rumah menjadi cara yang paling umum dilakukan. Hal ini tentu saja lantaran tanaman adalah representasi dari alam yang dimaksud. Warna hijau dari daun adalah unsur utama yang biasanya paling dicari untuk ditonjolkan. Selain itu, karakter atau bentuk tanaman juga menjadi penunjang visual untuk menghadirkan kesan alam yang autentik.

2. Percantik Ruang dengan Vertical Green

Taman vertikal kini berkembang dalam banyak bentuk, termasuk pajangan dinding. Cobalah berkreasi membuat vertical green mini sendiri dengan memanfaatkan barang-barang di rumah, seperti bingkai foto atau pot-pot kecil yang disusun bertingkat. Tak hanya bisa menyegarkan suasana ruangan layaknya di alam terbuka, hadirnya vertical green ini juga akan meningkatkan estetika ruangan.

3. Menerapkan Bukaan yang Lebar

Bagi rumah yang mengusung konsep eco-house, bukaan atau jendela yang lebar adalah salah satu syarat penting. Desain interior natural pun mengedepankan jendela besar yang akan membuat rumah lebih hemat energi. Sumber cahaya didapat langsung dari sinar matahari, dan sumber kesejukan didapat dari angin alami yang melewati jendela. Elemen cahaya matahari dan angin yang secara alami masuk ke dalam rumah tak pernah gagal menghadirkan nuansa alam yang menyegarkan bagi penghuni rumah.

4. Menggunakan Perabot Kayu

Kayu merupakan bagian dari tanaman yang artinya juga bisa merepresentasikan nuansa alam. Elemen kayu yang dihadirkan di rumah melalui pemilihan perabotan misalnya, akan membuat ruangan langsung terasa lebih adem dan segar. Jika Anda ingin lebih maksimal menghadirkan dekorasi alam dalam ruangan, contohlah karya ALTS Design, sebuah perusahaan arsitek asal Jepang, sebagai referensi. Terlihat, bahwa hampir semua bagian rumah dilapisi kayu sehingga rumah ini layaknya rumah yang berada di tengah hutan.

5. Meminjam Pemandangan Luar

Meminjam pemandangan atau borrowing view merupakan teknik cerdas untuk menghadirkan nuansa alam tanpa harus menghadirkannya langsung di dalam rumah. Maksud dari “meminjam” di sini adalah memanfaatkan pemandangan dari luar ruangan agar bisa dinikmati secara optimal di dalam ruangan. Seperti pada hunian karya Miveworks yang berlokasi di Jakarta Selatan, tampak ruangan di dalam rumah seolah berada di tengah alam terbuka, lantaran jendela lebar yang menghadap langsung ke taman. Bersantai di dalam rumah pun akan terasa lebih menyenangkan dan menyegarkan.

6. Warna dan Lukisan Alam

Warna adalah salah satu elemen terpenting dalam desain. Warna bisa memberi kesan sesuai dengan karakter yang dibawa oleh warna itu sendiri. Terkait dengan alam, hijau mungkin paling sering dijadikan rujukan. Namun, jangan membatasi diri Anda untuk memasukkan warna representasi alam lainnya seperti biru langit, abu-abu, dan cokelat. Selain itu, Anda bisa memajang lukisan bertema alam di dinding ruangan agar kesan alam lebih terasa.

7. Memainkan Cahaya dan Bayangan

Tak melulu dengan objek fisik, nuansa alam juga bisa dihadirkan melalui sebuah seni bayangan. Ya, Anda bisa memanfaatkan bayangan dari pohon dan dedaunan di luar rumah, agar tersorot ke dalam ruangan melalui penempatan jendela. Pemandangan bayangan pohon dan dedaunan di dalam rumah akan memberi suasana alami yang menenangkan. Secara visual, kita bisa merasakan kehadiran pohon tersebut di dalam ruangan. Apalagi, ketika dedaunan bergoyang tertiup angin, suasana alamnya akan lebih terasa. Di sisi lain, pemandangan daun yang bergoyang juga bisa membuat ruangan terasa lebih dinamis. Sangat adem dan sejuk, bukan

8. Bunga-Bunga di Rumah

Bagi Anda pecinta tanaman hias dan bunga, menghadirkan objek kegemaran ke dalam rumah adalah pilihan tepat. Hadirkan tanaman indoor berbunga seperti anggrek dan amarilis, atau bisa pula menggunakan bunga potong yang ditata dalam vas. Cantiknya kelopak bunga yang bermekaran dijamin akan membuat rumah terasa lebih cerah, berwarna, dan tentunya menyegarkan mata.

TERAS.ID


TAGS:

Berita Terbaru