Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bawaslu Kobar Minta ASN Jaga Netralitas Dalam Pilgub Kalteng 2020

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 28 September 2020 - 13:21 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Badan pengawas pemilu (Bawslu) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) meminta aparatur sipil negara (ASN) bersikap netral dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng.

Ketua Bawaslu Kobar, Dorik Rozani mengatakan secara regulasi, seluruh ASN memang diharuskan untuk selalu bersikap netral. Tapi mereka tetap memiliki hak pilih.

"Kami harapkan ASN netral dan untuk saat ini supaya menahan diri. Nanti saja pilihannya disampaikan saat proses pencoblosan pada 9 Desember 2020," ujarnya.

Saat ini Bawaslu belum mendapati adanya ASN yang melanggar dan bila ditemukan, maka pihaknya akan melaporkan hal tersebut ke komisi aparatur sipil negara (KASN).

"Untuk di sini kita belum ada temuan ASN yang melanggar. Mudah - mudahan tidak ada," ungkapnya. Oleh sebab itu Bawaslu juga meminta agar ASN menjaga netralitasnya demi terlaksananya pemilihan yang tertib dan kondusif serta ASN agar bijak bermedia sosial.

"Jangan sampai ASN ini mngunggah foto paslon atau cuitan yang mengarah ke salah satu paslon, sebab ini juga menjadi larangan karena bisa berdampak pada netralitas mereka," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru