Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SSMS Group Dukung Swasembada Daging Nasional dengan Langkah Ini....

  • Oleh Norhasanah
  • 28 September 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kementerian Pertanian RI menargetkan Indonesia swasembada daging di tahun 2026. Untuk mewujudkan target tersebut Pemerintah Pusat tidak akan mampu berjuang sendiri. Perlu keterlibatan semua perangkat pemerintah mulai dari tingkat paling bawah hingga provinsi  dan termasuk juga pihak swasta sebagai stake holdernya pemerintah.  

Data Kementerian Pertanian mencatat di awal 2020 Indonesia masih kekurangan sekitar 300.000 ton daging per tahun ini.  Di mana kebutuhan nasional sekitar 700.000 ton sementara produksi dalam negeri hanya mampu di angka 400.000 ton. Untuk mencapai swasembada daging tersebut Indonesia membutuhkan sekitar 1,7 juta ekor sapi lagi. Target yang masih sangat besar untuk bisa dipenuhi. 

Melihat peluang ini SSMS Group, salah satu pihak swasta yang berpusat  di Kalimantan Tengah, sangat mendukung program swasembada daging itu. Adalah Sulung Ranch yang merupakan bagian dari SSMS Group telah melaksanakan program integrasi sawit-sapi. Saat ini ada sekitar 10.000 sapi yang dikembangbiakkan. 

Bahkan, beberapa tahun terakhir, untuk menghindari kepunahan sapi asli Indonesia, Sulung Ranch melakukan pemurnian sapi Bali.  

"Dengan mendatangkan indukan dan sapi jantan langsung dari Pulau Bali dan kemudian dikembangbiakkan di area perkebunan kelapa sawit," kata Manager Sulung Ranch, Dwi Hartanto, Senin, 28 September 2020.  

Apa yang diupayakan  Sulung Ranch menurut Dwi sejalan dengan program integrasi sawit-sapi sebagaimana diamanatkan di dalam Permentan Nomor 105 Tahun 2014 tentang Integrasi Usaha Perkebunan Kelapa Sawit Dengan Usaha Budi Daya Sapi Potong. 

Saat ini sudah lebih dari 3.500 ekor Sapi Bali di peternakan Sulung Ranch. Selain mendukung program swasembada daging dengan menerapkan pemurnian Sapi Bali, Sulung Ranch juga turut serta dalam menjaga kelestarian populasi Sapi Bali di Luar Pulau Bali.

"Selain jenis Sapi Bali yang dikembangbiakkan di Sulung Ranch, ada lagi jenis sapi yang lainnya seperti Limosin," katanya.

Saat ini SSMS Group juga mulai mengembangkan pertenakan sapi ke Kabupaten Sukamara. Kurang lebih 20.000 hektara lahan akan digunakan untuk mengembangkan peternakan sapi yang diberi nama Sukamara Ranch. Saat ini sudah ada sekitar 500 ekor sapi yang ada di Sukamara Ranch. 

Sukamara Ranch berlokasi di tiga, desa yaitu Sungai Tabuk, Sungai Cabang Barat dan Sungai Damar yang mana ketiga desa tersebut masuk ke dalam wilayah Kecamatan Pantai Lunci Kabupaten Sukamara.

Berita Terbaru