Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Barcode Penerima Bantuan Sosial Tunai Terblokir, Begini Penjelasan Kepala Dinas Sosial Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 September 2020 - 20:15 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Barcode 453 keluarga penerima manfaat atau KPM bantuan sosial tunai atau BST Kementerian Sosial RI di Kabupaten Barito Timur terblokir dan 107 lainnya terhapus.

Imbasnya, ada 560 KPM tidak menerima penyaluran BST sejak tahap pertama hingga saat ini yang sudah memasuki tahap keenam.

Terkait itu, Kepala Dinas Sosial Barito Timur, Riza Rahmadi menjelaskan sudah dua kali menyurati Kementerian Sosial RI agar barcode KPM yang terblokir maupun terhapus dapat dipulihkan atau diaktifkan kembali.

"Dinas Sosial Barito Timur berkeyakinan 560 KPM tersebut layak menerima BST. Karena itu kami berusaha agar Kementerian Sosial RI dapat mengaktifkan kembali," jelas Riza.

Menurutnya, hingga saat ini jawaban yang diterima dari kemensos perihal pengaktifan barcode tersebut masih dalam proses.

"Jadi, terblokir dan terhapusnya barcode bukan karena kesalahan di pemerintah desa, kecamatan, atau dinas sosial," imbuh Riza.

Namun dia tidak mengetahui persis permasalahan yang terjadi pada sistem data kementerian sosial, sehingga menyebabkan barcode KPM BST terblokir atau terhapus.

"Kami berterima kasih buat warga yang memperjuangkan hak KPM yang lain, kita akan memperjuangkan agar barcode 560 KPM dapat aktif kembali," pungkas Riza. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru