Software Manajemen Relawan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 ASN Pemko Palangka Raya Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Netralitas Pilkada

  • Oleh Hendri
  • 29 September 2020 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Bawaslu Kota Palangka Raya melayangkan laporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait dugaan pelanggaran netralitas Pilkada yang dilakukan 2 ASN jajaran Pemko Palangka Raya.

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Endrawati mengatakan oknum ini ditindak karena memberikan dukungan secara langsung kepada salah satu pasangan calon kepala daerah melalui sosial media.

"Keduanya memberikan like dan berkomentar mendukung pada postingan pasangan calon melalui sosial media," kata Endrawati kepada Borneonews.co.id, Selasa 29 September 2020.

Bawaslu mendapati dugaan pelanggaran ini saat melakukan pengawasan pada sosial media. Kedua oknum ASN ini telah dipanggil dan diminta klarifikasi atas dukunganya kepada salah satu pasangan calon.

"Keduanya sudah kita proses sesuai kewenangan dan tupoksi Bawaslu. Rekomendasi juga sudah kita layangkan ke KASN di Jakarta," ucapnya.

Terkait netralitas ASN, TNI dan Polri memamg menjadi kewenangan Bawaslu. Namun untuk memberikan sanksi hanya bisa dilakukan oleh instansi terkait.

Dia mengingatkan agar ASN menjaga netralitas, hati-hati gunakan sosmed jangan memberi like atau berkomentar pada postingan pasangan calon dan jangan foto bersama pasangan calon.

"ASN berhak memilih tapi tidak bisa memberikan dukungan secara terbuka. Dukungan hanya bisa dilakukan pada bilik suara saat pemilihan berlangsung," pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru