Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Satpol PP dan Damkar Kapuas Ikuti Pelatihan Penanggulangan Bencana, Ini Tujuannya

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 September 2020 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sejumlah anggota Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas mengikuti pelatihan tentang penanggulangan bencana yang digelar BPSDM Kalteng secara daring atau virtual.

Pelatihan itu diberikan karena bencana bukan hanya banjir, tanah longsor, kebakaran lahan, gempa bumi dan tsunami saja, tetapi wabah penyakit juga termasuk dalam kategori bencana.

Oleh karena itu, Undang-Undang tentang Penangulangan Bencana Nomor 24 Tahun 2007 menjadi dasar dalam mengatasi bencana.

Dengan begitu, mitigasi dan skenario penanganan bencana yang matang terkait berbagai penangulangan bencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, gempa bumi, tsunami dan wabah penyakit bisa ditangani dengan baik.

Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP dan Damkar Kapuas, Syahripin pada Selasa, 29 September 2020. Dia menyebut, anggotanya sudah mengikuti pelatihan penangulangan bencana melalui zoom meeting yang diadakan oleh BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah selama sepekan hingga kemarin.


Syahripin menuturkan, pelatihan tersebut diikuti kerena mitigasi adalah salah satu bagian dari tugas pihaknya dalam rangka penanganan bencana saat di lapangan, untuk mengurangi risiko bencana agar tidak muncul kepanikan ataupun korban.

"Adanya pelatihan penangulangan bencana bertujuan meningkatkan SDM dan menjadi pedoman bagi anggota Satpol PP dan Damkar, dalam penyelenggaraan mitigasi bencana yang dapat dituangkan dalam bentuk standar pelaksanaan atau kebijakan," kata Syahripin. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru