Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Buka Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Akutansi Koperasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 September 2020 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan akutansi koperasi dengan sistem aplikasi bagi bendahara koperasi se Kabupaten Barito Timur, bertempat di lapangan tenis indoor Kompleks Pelajar Tamiang Layang, Selasa 29 September 2020.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, kondisi seperti saat ini dibutuhkan koperasi sebagai badan usaha yang merupakan pelaku ekonomi berbasiskan anggota yang memiliki potensi yang besar.

"Karena itu, dituntut untuk semakin cerdik dalam memanfaatkan segala peluang bisnis yang ada, dan harus menjalankan usaha secara efektif, efesien serta profesional sehingga memiliki daya saing yang tinggi dalam persaingan pasar yang semakin kompetitif," katanya.

Ampera juga menjelaskan, koperasi sebagai lembaga bisnis yang berbasis anggota harus konsisten mempertahankan jati diri koperasi dalam menghadapi kekuatan ekonomi berbasis modal, dengan cara memfungsikan peran anggota sebagai pemilik atau pemodal, sekaligus sebagai pelanggan atau pengguna jasa usaha koperasinya.

"Berbagai tantangan harus siap kita hadapi sehingga koperasi mampu berdaya saing dengan lembaga lainnya, serta mampu menjadi penggerak perekonomian ditengah wabah virus covid-19 ini," imbuh Ampera.


Disisi lain, Lanjutnya, keterampilan maupun keahlian merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh pengurus koperasi sehingga terampil dalam menerapkan siklus akuntansi seperti praktek menjurnal, neraca saldo, perhitungan hasil usaha, perubahan kekayaan bersih, neraca lajur serta terampil dalam menyusun laporan keuangan.

"Semua keahlian tersebut harus dimiliki oleh seorang pengurus koperasi, sehingga memperoleh dampak dan manfaat bagi semua anggota," ujarnya.

Ampera berharap, dengan adanya pelatihan yang diselenggarakan ini, nantinya para peserta memperoleh pengetahuan yang memadai, dengan tujuan bisa dimanfaatkan dan bisa bersaing, serta bisa bertahan ditengah globalisasi ataupun disaat wabah pandemi covid-19 seperti saat ini.

"Bahkan dapat mengembangkan koperasi ke dalam skala yang lebih besar, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat khususnya para pengurus dan anggota koperasi," harapnya.

Ampera juga mengajak, untuk bersama-sama bahu membahu, membulatkan tekad, dan tidak boleh patah semangat ditengah pandemi yang memperlambat jalannya perekonomian.

Berita Terbaru