Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UMKM Diajak Pahami Tren Pasar Global

  • Oleh ANTARA
  • 30 September 2020 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak para pelaku UMKM di tanah air agar mempelajari dan memahami tren pasar global sehingga produksi bisa menembus pasar ekspor yang lebih luas.

Menteri Koperasi dan UKM, Selasa, mengatakan pihaknya siap mendukung UMKM menembus pasar global melalui berbagai program untuk menyiapkan UMKM agar semakin berdaya saing tinggi.

“Oleh karena itu, penting juga dipahami tentang tren market dunia," kata Teten.

Apalagi saat ini perubahan pasar begitu cepat, termasuk gaya hidup yang sangat memengaruhi perubahan tingkat konsumsi masyarakat.

“Penting juga bagaimana kita memanfaatkan hasil-hasil riset di kampus-kampus untuk dikembangkan menjadi produk unggul yang bisa dijual di marketplace online," lanjutnya.

Teten juga menyebutkan, saat pandemi COVID-19 ini banyak anak muda berjualan dan mahasiswa menjadi reseller produk UMKM di platform digital, termasuk media sosial. "Pertumbuhan mereka cukup signifikan," kata Teten.

Untuk itu, dia berharap agar para pemuda dan mahasiswa memperhatikan kualitas produk dan kapasitas produksi dari barang yang dijualnya. Pasalnya, di marketplace juga banyak produk yang sudah memiliki brand image yang kuat.

“Ke depan, kami akan menyiapkan UMKM yang sudah memiliki keunggulan yang bisa menjadi The Future SME's yang bisa bersaing di pasar domestik dan global," katanya.

ANTARA

Berita Terbaru