Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Salurkan Dana Insentif UMKM Senilai Rp 3 Miliar

  • Oleh ANTARA
  • 30 September 2020 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng memberikan bantuan stimulan ekonomi dana insentif daerah bagi para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) terdampak COVID-19 senilai Rp 3 miliar lebih.

"Bantuan ini merupakan salah satu kebijakan yang dilakukan untuk mengoptimalkan UMKM," kata Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng, Said Ismail, Rabu 30 September 2020.

Menghadapi kondisi ekonomi saat ini pihaknya meyakini salah satu langkah yang paling efektif adalah mengoptimalkan keberadaan dan pengembangan UMKM.

Seperti yang disampaikan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki sebagian besar pelaku usaha di Indonesia merupakan UMKM, sehingga perekonomian nasional sangatlah bergantung pada sektor tersebut.

"Untuk itu berbagai upaya dilakukan pemerintah provinsi, guna mendorong dan memacu perkembangan UMKM di seluruh kabupaten dan kota, agar tetap menjalankan usahanya serta tak berhenti berinovasi," katanya.

Bahkan kebijakan Pemprov Kalteng ini diapresiasi oleh Menteri Koperasi dan UKM karena dianggap tepat sebagai upaya membantu keuangan UMKM sebesar Rp 1 juta agar tetap bertahan serta bisa terus mengembangkan usahanya.

Pemprov juga terus mendorong agar industri jasa keuangan seperti perbankan, mengoptimalkan perannya mendukung pelaku UMKM melalui penyaluran dana yang ditempatkan pemerintah pada Himbara dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pihaknya bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) telah melakukan rapat koordinasi guna membahas fokus pembangunan serta APBD 2021.

"Kami bersama TAPD merumuskan berbagai hal, utamanya menentukan langkah yang tepat agar pembangunan ekonomi dan lainnya bisa terlaksana dengan baik," jelasnya.

ANTARA

Berita Terbaru