Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seorang Ibu Rumah Tangga di Palangka Raya Tertipu Rp 100 Juta

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 30 September 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - JKD (35 tahun), seorang ibu rumah tangga warga Jalan Menteng XVI A, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya tertipu Rp 100 juta oleh laki-laki yang dikenalnya asal Kabupaten Murung Raya.

"Laki-laki itu merupakan seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial MO," kata Kasatreskrim Polresta Palangka Raya, Kompol Todoan Agung Gultom, Rabu 30 September 2020.

Ia menjelaskan, peristiwa tersebut bermula pada Juni 2017. Pelaku mendatangi ke rumah korban untuk meminjam uang dengan alasan membayar biaya operasional PDAM Kabupaten Murung Raya.

Pelaku berjanji akan mengembalikan uang tersebut dalam tempo 1 minggu. Setelah sampai pada waktunya, pelaku datang ke rumah korban. 

Namun, lanjut Todoan, kedatangannya tidak untuk membayar, malahan meminjam kembali uang sejumlah Rp 45 juta kepada korban dengan jaminan buku tabungan BNI taplus atas nama Patria. Saldo ditabungan disampaikan sekitar Rp 182 juta.

"Setelah jatuh tempo, korban meminta uangnya dikembalikan, akan tetapi pelaku tidak bisa mengembalikan uang milik korban," ucap Todoan.

Tidak adanya itikat baik dari pelaku, akhirnya korban melakukan pengecekan buku tabungan sebagai jaminan tersebut. Namun keterangan dari pihak bank bahwa isi saldo tidak ada.

Atas kejadian itu, korban mengalami kerugian sebesar Rp 100 juta. Kasus itu langsung dilaporkan ke Polresta Palangka Raya.

"Saat ini kasusnya sudah kami tangani dan masih kami lakukan penyelidikan lebih lanjut," tutupnya. (PARLIN TAMBUNAN/B-7)

Berita Terbaru