Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karawang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pakuwojo Netral pada Pilkada Kalteng

  • Oleh Budi Yulianto
  • 30 September 2020 - 22:37 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pengurus Paguyuban Kulowargo Wong Jowo atau Pakuwojo menegaskan netral terhadap pasangan calon pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Kalteng.

“Jadi kalau ada statemen Pakuwojo mendukung si A dan B, itu tidak benar,” tegas Sesepuh Pakuwojo Kalteng, Achmad Diran, Rabu, 30 September 2020.

Dia menjelaskan, sikap netral itu harus dilakukan karena Pakuwojo merupakan paguyuban organisasi yang non partai. Di dalamnya, lanjut dia, juga terdapat Anggaran Dasar/Rumah Tangga atau AD/ART termasuk para pengurusnya yakni ada yang PNS, TNI, Polri dan lain-lain.

“Jadi kalau ada yang mengatasnamakan Pakuwojo, itu nggak boleh. Tidak benar. Kalau ada (yang menyebut mengatasnamakan Pakuwojo), tentu ada sanksinya,” tegasnya lagi.

Achmad Diran yang juga mantan Wakil Gubernur Kalteng dua periode ini menyebut akan membentuk elemen baru di luar dari organisasi Pakuwojo.

Elemen baru yang dimaksud adalah membentuk relawan dengan nama Relawan Sedulur Berkah Sugianto Sabran - Edy Pratowo. Di dalamnya tidak boleh ada pegawai negeri sipil sebagaimana dalam aturan bahwa pegawai negeri juga bersikap netral.

Achmad Diran menegaskan relawan itu nantinya akan berjuang untuk kemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kalteng Sugianto Sabran-Edy Pratowo. "Jadi relawan itu di luar dari Pakuwojo," jelasnya.

Pesannya Harus Aman dan Kondusif

Pada kesempatan tersebut, Achmad Diran berpesan agar bersaing secara sehat, tidak boleh menjelekan dan tidak boleh berbicara bernuansa SARA. Semua pelaksanaan harus berjalan aman dan kondusif.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengucapkan terima kasih atas dukungan dari warga yang tergabung dalam relawan tersebut.

Untuk diketahui, pada Pilkada Kalteng 9 Desember 2020 mendatang, hanya ada 2 pasangan calon yakni Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dengan nomor urut 1, dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo dengan nomor urut 2. (BUDI YULIANTO/B-7) 

 

Berita Terbaru