Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bambang Soesatyo Tawarkan 4 Aspek Dalam Sikapi Covid-19

  • Oleh ANTARA
  • 01 Oktober 2020 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menawarkan empat aspek untuk menyikapi adanya pandemi Covid-19, yaitu berpikir positif, bersikap optimistis, berpandangan visioner, dan bergerak bersama.

Empat aspek itu dia sampaikan sebagai materi webinar bertemakan 'Kehidupan Kerja Pasca-Pandemi' yang diselenggarakan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, di Jakarta, Rabu, 30 September 2020.

"Berpikir positif pada hakikatnya membuka pikiran kita dalam melihat setiap persoalan, melihat segala peluang yang dapat dimanfaatkan, dan melakukan hal-hal terbaik di tengah berbagai kesulitan yang kita hadapi," ujar dia, secara daring dari ruang kerja ketua MPR.

Menurut dia, Covid-19 yang belum diketahui kapan akan berakhir nya ini, mungkin akan terus menghantui kehidupan masyarakat dan berdampak pada berbagai sektor kehidupan apabila masyarakat belum menyikapi keadaan dengan berpikiran positif.

Ia menjelaskan berpikiran positif itu seperti pemikiran bahwa pandemi itu telah membuka ruang untuk memperbaiki kebijakan dalam pengadaan peralatan medis, karena ternyata 90 persen peralatan medis yang dimiliki Indonesia masih tergantung dari impor.

Pandemi juga mengajarkan kepada masyarakat untuk membiasakan diri menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Pada sektor perekonomian, pandemi juga menjadi pendorong lahirnya kreativitas perekonomian rakyat dengan memanfaatkan berbagai peluang yang ada, khususnya dengan pemanfaatan teknologi informasi," kata dia.

Ketua DPR ke-20 itu menuturkan aspek kedua nya adalah bersikap optimistis dalam melewati masa pandemi.

Sikap itu tidak hanya dibangun dengan menciptakan iklim kondusif di ruang-ruang publik. Namun, juga mesti dilakukan dengan mengedepankan kebijakan-kebijakan yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Dalam kaitan ini, saya mengapresiasi beberapa kebijakan pemerintah yang dapat menjadi faktor pendorong tumbuhnya sikap optimistis masyarakat," kata dia.

Berita Terbaru