Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kapuas Koordinasi Dengan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas Lindungi Hak Pilih Warga Binaan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Oktober 2020 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas melakukan koordinasi dengan Rumah tahanan (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas, bertujuan untuk lindungi hak pilih warga binaan.

Agar hak pilih bisa digunakan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang dilaksanakan Desember 2020.

Pihaknya juga melakukan koordinasi tentang jumlah warga binaan yang memiliki identitas kependudukan Provinsi Kalimantan Tengah, serta merujuk dari Surat KPU perihal Perlindungan Hak Pilih bagi pemilih di rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan serta persiapan penetapan DPT.

Anggota KPU Kabupaten Kapuas Adiresido mengatakan pihaknya juga selalu siap hadir ke Rutan untuk melakukan sosialisasi kepada warga binaan dan KPU Kabupaten Kapuas menunggu update jumlah warga binaan terakhir yang berada saat ini.

"Yang mana hasil pendataan pemilih rutan ini jika memenuhi syarat dan sudah diverifikasi dan terdapat data dukung seperti KTP/Suket/Kartu Kelarga, akan dimasukkan dalam formulir A.2-KWK," kata Adiresido, Kamis, 1 Oktober 2020.

Kemudian dicatat sebagai pemilih baru, dan dimasukkan di TPS yang berada di lingkungan Rutan serta diakomodir ke dalam DPSHP.

"Kemudian akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada TPS 021 Kelurahan Selat Dalam Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas," jelasnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Tony Aji Priyanto komitmen bagaimana nantinya semua warga binaan ini nantinya yang berdasarkan pendataan dari petugas akan gunakan hak pilihnya.

"Warga binaan yang berada di rutan ini dan masih menjalani hukumannya sampai tanggal 9 Desember 2020 untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19 secara ketat," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru