Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Pramuka Kapuas Diingatkan Sejarah Bangsa Lewat Nonton Bareng Film G30S PKI

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 Oktober 2020 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kapuas telah menggelar nonton bareng (nobar) film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI, bertempat di Sanggar Pramuka Kuala Kapuas.

Kegiatan Nobar tersebut bertujuan untuk mengingatkan dan mengenalkan kembali anggota Pramuka akan sejarah bangsa kepada kepada generasi muda yang telah dikemas dalam sebuah film.

“Nobar film tadi malam juga untuk mengingatkan agar anggota Pramuka sedini mungkin dapat mencegah pemahaman yang keliru tentang falsafah bangsa," kata Ketua Kwarcab Pramuka Kapuas, Suwarno Muriyat, Kamis, 1 Oktober 2020.

Lebih lanjut, ia juga meminta agar peserta yang telah mengikuti Nobar mampu berpartisipaai aktif membangun dan memajukan bangsa sesuai kemampuan dan bidang masing-masing terutama dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

"Selain itu Pramuka Penegak dan Pandega yang masih dalam usia siswa SLTA dan mahasiswa giat dalam menuntut ilmu, memiliki jiwa nasionaliame, patriotisme yang berlandaskan pada Pancasila maupun UUD 1945 dalam bingkai NKRI," harapnya.


Lebih lanjut, Suwarno menegaskan bawah dalam Gerakan Pramuka telah memiliki Trisatya (janji/kode moral) dan Dasadarma (kode kehormatan).

“Bagi anggota Pramuka hendaknya mampu menjadikan janji/kode moral dan kode kehormatan itu sebagai pembentuk karakter dan akhlak terpuji," pesannya.

Kegiatan itu diikuti para pelatih, Andalan, Dewan Kerja Cabang Kapuas serta anggota Pramuka Penegak maupun Pandega, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru