Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sleman Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sektor Peternakan Bisa Digalakkan Harus Libatkan Banyak Pihak

  • Oleh Naco
  • 01 Oktober 2020 - 13:41 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana  mengakui potensi pengembangan di sektor peternakan di Kotim tidak hanya bisa dilaksanakan oleh salah satu pihak. 

Namun menurut Syahbana harus melibatkan dan sinergitas antara pemerintah kabupaten, pelaku hingga regulasi yang mendukung. 

Syahbana menyebutkan potensi peternakan di Kotim sangat terlihat dari  kondisi lahan yang memadai dan cadangan untuk makanan ternak. 

Apalagi jika dikelola  terintegrasi dengan usaha perkebunan yang ada. Maka dari itu dirinya yakin Kabupaten Kotim bisa sukses dan mampu menjadi kabupaten penghasil daging di Kalimantan Tengah.

“Saya yakin kalau memang dikelola secara serius dan berkelanjuitan program swasembada daging yang didengungkan sejak lama ini bisa tercapai dan terlaksana. Asalkan pemerintah, swasta dan peternak ini punya persepsi yang sama," katanya, Kamis, 1 Oktober 2020.

Menurutnya, pihak swasta harus diberikan kesempatan untuk membuka areal peternakan di Kotim, termasuk pengusaha perkebunan swasta. 

Dia mengatakan perkebunan sawit mempunyai potensi besar dalam penyediaan pakan murah dan mudah berupa pelepah daun dan dahan kelapa sawit, limbah bungkil sawit dan solid decanter yang dapat didayagunakan menjadi pakan ternak berkualitas.

Program integrasi usaha perkebunan kelapa sawit dengan usaha budidaya sapi potong didukung Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No 105/Permentan/PD.300/8/2014.

Beberapa intitusi dan lembaga baik negeri dan swasta banyak yang telah mengkaji, bahkan mengaplikasikan sistem integrasi sapi sawit. (NACO/B-6)

Berita Terbaru