Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Kata Ketua KPU Sukamara Terkait Rakor Daftar Pemilih Wilayah Perbatasan

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Oktober 2020 - 18:45 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Ketua KPU Sukamara, Ahmad Zen Alantany mengatakan, rapat koordinasi daftar pemilih wilayah perbatasan penting dilakukan untuk daftar pemilih yang baik dan berkualitas. 

"Tujuannya, satu adalah kami tidak ingin menghilangkan hak pilh warga negara," kata Ahmad Zen Alantany saat diwawancara, Kamis, 1 Oktober 2020.

Zen melanjutkan, dari hasil mekanisme coklit yang dilakukan, ada beberapa data yang di TMS-kan, baik itu warga Desa Sukaramai ber KTP Sukamara maupun warga Sukamara yang ber-KTP Sukaramai.

"Apapun motivasi mereka seperti itu, kita tidak dalam rangka meneliti itu, tetapi KPU sebagai penyelenggara ingin mengklirkan bahwa soal daftar pemilih ini sangat penting," ujarnya.

Menurutnya, upaya dalam mencari solusi tersebut adalah bukti keseriusan KPU termasuk Bawaslu. "Karena satu data saja bisa menentukan orang, dan itu bisa menjadi obyek sengkata hukum. Ini meminimalisir, atau kita berharap tidak ada dari peserta yang mempermasalahkan tentang pemilih," jelas Zen.

Diketahui, KPU Sukamara menggelar rakor daftar pemilih wilayah perbatasan. Kegiatan diselenggarakan di aula kantor bupati setempat dihadiri oleh KPU Provinsi Kalteng dan KPU Provinsi Kalbar. (NORHASANAH/B-7)

Berita Terbaru