Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pastikan Personel Siap, Polres Kobar Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2020

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Oktober 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka memberikan gambaran serta kesiapan peraonel, Polres Kotawaringin Barat (Kobar) jajaran Polda Kalteng, menggelar simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Kegiatan berlangsung di Lapangan Tarmili, Kelurahan Raja, Kamis, 1 Oktober 2020.

Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana melalui Wakapolres Kobar Kompol Boni Ariefianto menyampaikan, simulasi pengamanan ini dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan di wilayah Provinsi Kalteng, khususnya di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat.

"Kegiatan simulasi pelaksanaan pengamanan Pilkada ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada anggota-anggota kita, khususnya nanti yang akan kita terjunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan. Sehingga anggota paham betul bagaimana harus bertindak dan bagaimana harus mengambil keputusan," ujarnya, usai memimpin jalannya simulasi pengamanan.

Simulasi dilakukan pada tahapan Pilkada, mulai dari masa kampanye, masa tenang sampai dengan tahapan pengamanan di TPS. Dalam simulasi ini, memperagakan mulai dari tahapan unjuk rasa damai dan meningkat dari eskalasi hijau ke eskalasi kuning hingga eskalasi merah, bahkan sampai dengan kegiatan yang sifatnya anarkis.

Kegiatan dilaksanakan dengan melibatkan berbagai unsur dari Personel Polres, Polsek Jajaran, linmas, KPU dan juga dari satuan pendukung yaitu dari unsur Brimob. Setidaknya ada sekitar 150 anggota yang terlibat.

Boni melanjutkan, dengan diadaknnya simulasi diharapkan anggota nantinya di lapangan sudah paham. Dia berharap, dalam setiap tahapan nantinya, semua dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan damai.

"Semoga dalam pelaksanaan pesta demokrasi di Pilkada 2020 Kalteng, khususnya di Kobar dapat berjalan aman dan damai, sampai dengan tahapan akhir yaitu pelantikan," tuturnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru