Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Bentuk Strategi Penanggulangan Kemiskinan

  • Oleh Hendri
  • 01 Oktober 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS,Palangka Raya - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan, kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu hal yang paling diperhatikan. Tidak hanya itu, pemerintah juga membentuk strategi sebagai upaya menanggulangi kemiskinan.

"Kemarin kami sudah kaji banding di Kabupaten Tanah Laut. Di sana penanganan kemiskinan cukup baik sehingga bisa kita adopsi sebagai strategi yang bisa kita implementasikan di Palangka Raya," kata Umi Mastikah, Kamis 1 Oktober 2020.

Umi menjelaskan, untuk penanggulangan kemiskinan itu ada 4 strategi yang bisa diadopsi. Pertama mengurangi beban pengeluaran warga antara lain memberikan jaminan kesehatan kepada warga miskin baik bersumber dari pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten.

Kemudian ada bantuan rumah swadaya bagi warga yang berpenghasilan rendah, pemasangan sambungan air bersih, pemberian seragam gratis, pemberian beasiswa untuk siswa miskin, pemberian makanan pendamping untuk keluarga pasien miskin di rumah sakit, Pamsimas, dan pendampingan operasi katarak.

Strategi kedua yakni meningkatkan kemampuan dan pendapatan masyarakat miskin. Kegiatannya berupa bantuan pupuk untuk petani, bantuan ternak serta melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi penyandang cacat, pengembangan lumbung pangan bagi warga.

Sedangkan strategi ketiga mengembangkan dan menjamin keberlanjutan usaha mikro dan kecil, antara lain ada program pengembangan industri kreatif, pengembangan industri agro, pembinaan dan pengembangan wirausahaan, serta sertifikat produk industri.

"Yang terakhir untuk strategi penanggulangan kemiskinan yaitu mensinergikan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan antara lain yang sudah dilakukan koordinasi penanggulangan kemiskinan tingkat kabupaten melalui TKPK serta melakukan verifikasi dan validasi data fakir miskin,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru