Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Selain Fokus Pengamanan Pilkada, Polres Kobar Juga Pantau Protokol Kesehatan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 01 Oktober 2020 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Polres Kotawaringin Barat (Kobar) telah menggelar simulasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Selain fokus pengaman jalanya Pilkada, pihaknya juga memantau penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Tak seperti biasanya, dalam simulasi pengamanan yang berlangsung di Lapangan Tarmili, Kelurahan Raja, Kamis, 1 Oktober 2020, tidak hanya diperagakan tahapan Pilkada. Namun juga dilakukan simulasi penerapan protokol kesehatan. Seperti wajib memakai masket, memakai hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh.

Kapolres Kobar AKBP Andi Kirana melalui Wakapolres Kobar Kompol Boni Ariefianto mengatakan, di masa Pilkada ini memang berbeda dari yang sebelumnya. Khusus untuk tahun ini, semua pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan.

"Sesuai aturan dari KPU semenjak tahapan kampanye sampai pemungutan suara, protokol kesehatan harus dijalankan, sehingga selain keamanan jalannya Pilkada 2020, penerapan protokol kesehatan ini juga menjadi atensi kita nantinya," kata Boni.

Kemudian, selain menciptakan Pilkada yang lancar, aman dan damai, tahun ini ditambah dengan Pilkada sehat. Sehingga besar harapan bersama, seluruh elemen masyarakat dapat mengikuti jalannya Pilkada dengan aman, lancar dan damai serta disiplin protokol kesehatan.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kobar, Musliansyah mengatakan, sesuai ketentuan PKPU Nomor 13 Tahun 2020, kampanye tatap muka pertemuan terbatas, pertemuan terbuka dan dialog harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta membatasi jumlah peserta maksimal 50 orang.

"Jika ada yang melanggar, sanksinya sudah tertuang dalam PKPU," ungkapnya.

Selanjutnya, saat di TPS juga akan ada penambahan TPS khusus. Jadi, sambung dia, seandainnya ada pemilih yang melebihi suhu 37 derajat lebih, akan dialihkan ke TPS khusus, namun pencoblosan tetap di lokasi tersebut. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru