Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surabaya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dorong KPU Gaet Partisipasi Pemilih Pemula

  • Oleh Hendri
  • 01 Oktober 2020 - 19:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Menyambut pemilihan kepala daerah Kalimantan Tengah pada 9 Desember mendatang, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya.

Tekait itu, Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Noorkhalis Ridha mendorong pihak terkait khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk aktif menggaet para pemilih pemula agar bisa berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut.

“Pemilih pemula tentunya tidak sedikit, setiap tahun ada begitu banyak anak-anak muda yang mencapai usia dewasa dan mereka sudah memiliki hak pilih. Ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh KPU, untuk bisa menarik minat mereka dalam menggunakan suaranya dalam pemilu,” katanya, Kamis 1 Oktober 2020.

Menurutnya, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan memaksimalkan sosialisasi kepada anak-anak muda melalui berbagai media yang ada, baik melalui sosial media ataupun sumber informasi digital lainnya, kepada kelompok remaja yang baru memasuki usia 17 tahun dan menjadi pemilih untuk pertama kalinya.

Materi yang bisa diberikan pun bisa beragam, mulai dari jadwal pelaksanaan pilkada, cara mencoblos surat suara, pentingnya menjadi pemilih cerdas dengan cara memahami visi-misi, program, dan rekam jejak calon peserta pemilu, menjadi pemilih berdaulat, dan beberapa hal penting lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan pilkada kali ini.


“Mereka perlu didorong untuk antusias datang ke tempat pemungutan suara guna memilih calon-calon pemimpin sesuai dengan aspirasinya, tidak golput atau tidak termakan ajakan politik uang. Sekaligus kita mengajak mereka agar bisa memilih dengan hati nurani masing-masing,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)
 

Berita Terbaru