Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Boven Digoel Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disperkim Kota Palangka Raya Lakukan Pendataan Saluran Drainase

  • Oleh Hendri
  • 01 Oktober 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Palangka Raya melakukan pendataan untuk pembenahan sistem drainase di sejumlah titik secara rutin dan berkala.

Pembenahan sistem drainase itu dilakukan karena kondisi cuaca kerap turun hujan dengan intensitas yang tinggi, sehingga berpotensi menimbulkan genangan air pada sejumlah kawasan permukiman warga.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman, Deddy Trileksono mengatakan, pihaknya saat ini tengah menjalankan program pembenahan drainase yang berada di kawasan lingkungan permukiman masyarakat secara bertahap.

Program pembenahan tersebut mulai dari program action di lapangan hingga skema penganggaran kegiatan.

Sebagai langkah awal jelas Deddy, pihaknya melakukan pendataan terhadap kawasan lingkungan perumahan yang selama ini kerap mengalami genangan atau banjir.

“Nah, kawasan-kawasan rawan tergenag ini akan diusulkan pembenahan di tahun anggaran 2021 mendatang,” ungkap Deddy, Kamis 1 Oktober 2020.

Pada tahun 2020 ini, kata dia, ada beberapa titik drainase kawasan lingkungan perumahan yang seharusnya mendapatkan porsi untuk dilakukan pembenahan.

Namun akibat merebaknya pandemi covid-19, Pemeritah Kota Palangka Raya harus mengambil kebijakan refocusing anggaran untuk percepatan penanganan covid-19.

“Tahun ini kami hanya bisa melaksanakan program semacam patroli rutin untuk melakukan pemeriksaan terhadap drainase di kawasan permukiman, apakah berfungsi dengan baik atau tidak," ungkapnya.

“Kalau ditemukan ada drainase yang tidak berfungsi, maka secepatnya kami berkoordinasi dengan pihak terkait guna penanganannya," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru