Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Facebook Mulai Integrasikan Instagram dengan Messenger

  • Oleh Teras.id
  • 02 Oktober 2020 - 01:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta Facebook telah memulai langkah pertamanya dalam proyek ambisius pengintegrasian Messenger, Instagram, dan WhatsApp yang diumumkan tahun lalu.

Sebagai langkah awal, Facebook telah mengintegrasikan Instagram dengan Messenger yang memungkinkan pengguna mengirim pesan lintas platform pada kedua platform itu. Dengan kata lain, pengguna Instagram tidak perlu membuat akun Facebook untuk mengirim pesan pada pengguna lain di Mesengger.

CNN dikutip Kamis, 1 Oktober 2020, melaporkan bahwa perpesanan lintas Messenger dan Instagram yang diluncurkan Facebook masih terbatas pada pengguna tertentu dan akan dikembangkan dalam beberapa bulan ke depan. Sedangkan untuk pengintegrasian WhatsApp, pihak Facebook belum memberikan keterangan lebih lanjut.

Selain peluncuran perpesanan lintas platform, Instagram juga melakukan pembaruan pada fitur DM dengan mengadaptasi sistem perpesanan Mesengger. Adapun pembaruan yang dilakukan mencakup  fitur stiker selfie, menonton IGTV atau Facebook Watch bersama, dan penghilang pesan yang membuat pesan menghilang setelah dilihat.

Facebook sendiri pertama kali mengumumkan ihwal pengintegrasian Instagram, Messenger, dan WhatsApp pada tahun 2019 lalu. Ide awalnya adalah memungkinkan pengguna salah satu platform tersebut terhubung dengan pengguna di platform lainnya tanpa harus membuat akun platform lagi. Dengan kata lain, pengguna cukup memiliki satu akun dari ketiga media sosial tersebut untuk bisa terhubung dengan pengguna di dua media sosial lainnya.

Selain itu, CEO Facebook Mark Zuckerberg juga berniat mentransisikan kerajaan media sosialnya dari yang fokus di ruang publik menjadi komunikasi pribadi antar-pengguna. “Perpesanan pribadi, cerita singkat, dan grup kecil sejauh ini merupakan bidang komunikasi daring yang tumbuh paling cepat,” kata Mark pada tahun 2019, dikutip dari The Verge.

Dengan pengintegrasian ketiga media sosial yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna itu, Facebook berharap dapat menangkap sebanyak mungkin pasar perpesanan seluler.

TERAS.ID

Berita Terbaru