Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun 2021 Tak Ada Desa Sangat Tertinggal di Barito Utara

  • Oleh Ramadani
  • 02 Oktober 2020 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengharapkan agar pada tahun 2021 nantinya tidak ada desa di Bumi Iya Mulik bengkang Turan yang berstatus desa sangat tertinggal.

Hal ini diungkapkan Nadalsyah pada kegiatan Zoom virtual Meeting yang dilaksanakan Dinsos PMD Barito Utara bersama Pemerintah desa se Kabupaten Barito Utara.

Nadalsyah menekankan kepada seluruh stakeholder baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan desa selalu bahu membahu dalam membangun desa. Dia juga meminta agar desa dapat memanfaatkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang telah diberikan oleh pemerintah untuk membangun desa.

“Manfaatkan dana desa (DD) secara maksimal untuk menggerakan pembangunan di wilayah pedesaan dan sebagai bahan perhatian desa masih dalam status desa sangat tertinggal dan desa tertinggal agar segera dituntaskan pada tahun 2021 ini,” kata Nadalsyah.

Sementara,  Plt kepala Dinsos PMD Barito Utara, Eveready Noor menambahkan bahwa dari 93 desa yang ada di Kabupaten Barito Utara, ada lima golongan yang menentukan kemajuan desa tersebut berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM) yakni Mandiri, Maju, Berkembang, Tertinggal dan Sangat Tertinggal.

Dia memaparkan, dari 93 desa, 3 desa merupakan desa Mandiri, 11 desa maju, 56 desa berkembang, 19 desa tertinggal dan 4 desa sangat tertinggal.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru