Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Simalungun Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Pangan Agroforestri Jadi Penyeimbang Food Estate

  • Oleh James Donny
  • 02 Oktober 2020 - 22:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pengembangan pangan agroforestri yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup menjadi penyeimbang program food estate yang saat ini sedang berjalan.

"Ini menjadi bukti bahwa fokus pemerintah tidak hanya untuk kawasan yang ada pertaniannya saja, tetapi juga kepada masyarakat di kawasan hutan," kata Ketua DPRD Pulang Pisau, Ahmad Rifa'i, Jumat, 2 Oktober 2020.

Dia juga menyambut positif dilaksanakannya pengembangan pangan agroforestri ini, karena banyak masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau yang masih bergantung dengan hasil perhutanan seperti sengon, karet, dan sebagainya.

"Dengan adanya bantuan Dirjen Perhutanan Sosial ini akan sangat membantu masyarakat kita khususnya untuk kelompok usaha di bidang perhutanan. Jadi tidak hanya mengembangkan tanaman hutan, tetapi bisa sambil bertani, beternak, bahkan memelihara ikan pada kawasan tanaman hutan milik masyarakat tersebut," katanya.

Adapun bantuan dari Dirjen Perhutanan Sosial tersebut berupa sarana pangan agroforestri dan bantuan alat ekonomi produktif kepada 70  kelompok tani perhutanan di Kabupaten Pulang Pisau.

Sebanyak 70 kelompok tani hutan tersebut masing-masing akan menerima bantuan senilai Rp 200 juta, dengan total keseluruhan Rp 14 miliar. (JAMES DONNY/B-11)

Berita Terbaru