Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3 Kecamatan di Palangka Raya Disiapkan Jadi Lumbung Pangan

  • Oleh Hendri
  • 03 Oktober 2020 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemko Palangka Raya telah mempersiapkan sejumlah program untuk mengembangkan sektor pertanian sebagai perwujudan ketahanan pangan. Ada 3 kecamatan yang disiapkan sebagai lumbung pangan untuk bercocok tanam berbagai jenis tumbuhan yang cocok pada tekstur tanah gambut dan rawa.

Di antaranya Kecamatan Bukit Batu, Rakumpit dan Kecamatan Sebangau. Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, sektor pertanian menjadi prioritas pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

Kecamatan Bukit Batu dan Rakumpit disiapkan untuk menghasilkan produk pertanian hortikultura dan buah-buahan. Sedangkan di Kecamatan Sabangau, disiapkan untuk lebih banyak lagi menghasilkan sayur-sayuran dan tanaman padi rawa.

"Kita diuntungkan dengan lokasi yang strategis sebagai pusat kota. Hal itu tentu memudahkan distribusi produk pertanian ke sejumlah daerah dengan dukungan tenaga ahli pada bidangnya, " kata Hera, Sabtu 3 Oktober 2020.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Renson mengatakan dengan tekstur lahan mayoritas gambut dan rawa kota setempat dapat menghasilkan produk tanaman hortikultura.

Renson menjelaskan, tanaman hortikultura yang cocok seperti tanaman buah, misalnya seperti tomat, semangka, jeruk, mangga, melon, stroberi dan rambutan.

"Bisa juga tanaman yang memiliki serat dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Contohnya bawang merah, bawang daun, bawang putih, kol, selada, kangkung, bayam, wortel, mentimun, buncis, paprika,"pungkasnya. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru