Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daftar Tunggu Haji di Kobar Perlu 23 Tahun Baru Bisa Berangkat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 05 Oktober 2020 - 18:01 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sepertinya waktu tunggu masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) untuk berangkat menunaikan ibadah haji akan semakin panjang.

Pasalnya, bila seseorang mendaftar menjadi calon haji pada 2020 ini maka yang bersangkutan harus menunggu selama 23 tahun atau keberangkatan bakal terealisasi pada 2043.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kantor Kemenag Kobar Nurhasan Samin, Senin, 5 Oktober 2020 menjelaskan mengatakan lamanya masa tunggu ini lantaran banyaknya pendaftar haji namun kuotanya terbatas sesuai dengan yang ditentukan Kementerian Agama.

”Sesuai Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), bila seseorang mendaftar tahun 2020 maka yang bersangkutan Insya Allah berangkat sekitar 23 tahun lagi," jelasnya.

Terlebih kondisi pandemi Covid-19 ini, kemungkinan daftar tunggu tersebut akan bertambah lama, lantaran adanya pengurangan kuota keberangkatan.

"Bukan hanya di Kabupaten Kobar saja yang waktu tunggunya bertambah lama. Sebagai contoh, dari informasi yang saya dapat untuk warga Banjarmasin waktu tunggunya mencapai 30 tahun bila mendaftar haji tahun 2020 ini," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-6)

Berita Terbaru