Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kotim: Penyediaan Pangan Untuk Masyarakat Harus Difokuskan

  • Oleh Naco
  • 06 Oktober 2020 - 15:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Syahbana menyebutkan tahun anggaran berikutnya penyediaan pangan harus difokuska .

Disebutkan Syahbana saat ini pemerintah tengah mempersiapkan penyediaan alat tangkap ikan dan kolam untuk budi daya. Sehingga beberapa waktu lalu pihaknya mengunjungi Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan di Kabupaten Seruyan sebagai tempat ujicoba.

Dikatakannya, kabupaten tetangga itu merupakan sentral perikanan di Kalimantan Tengah. Sehingga cocok dikunjungi untuk melihat cara kerjanya.

Syahbana berharap di 2021 anggaran dari pemerintah lebih fokus membantu masyarakat dalam bidang penyediaan pangan. 

"Seperti penyediaan bibit pertanian dan juga peternakan. Pemerintah bisa membantu mengembangkan usaha pertanian dan peternakan dengan memberi bantuan kepada masyarakat," katanya, Selasa, 6 Oktober 2020.

Dia mengaku saat ini masalah yang dihadapi bukan cuma kekurangan bibit namun juga kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengelolanya.

Pemerintah kata dia bisa memberikan bibit namun tidak mengesampingkan untuk membina sumber daya manusianya, sehingga jangan hanya semata memberi bantuan namun harus ada pengelolaan SDM juga.

Lanjutnya, dengan adanya bantuan bibit potensi untuk berkembang lebih besar dan tentunya jika ada SDM yang memadai. Karena saat ini kebanyakan penempatan pekerja di instansi terkait tidak sesuai bidang keahliannya.

"Kalau tidak sesuai ahlinya itu yang biasanya akan sulit. Maka dari itu penempatan pekerja misal kepala dinas dan karyawan lainnya harus sesuai dengan keahliannya agar bisa mengembangkan apa yang diharapkan," tutupnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru