Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bappedalitbang Gunung Mas Gelar Rakoldal Triwulan III, Tujuannya Ini

  • Oleh Hendra
  • 08 Oktober 2020 - 13:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Badan Perencanaan, Pembangunan dan Pengembang Daerah atau Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian atau Rakordal dengan agenda Pelaksanaan Pembangunan dan APBD triwulan III,  Kamis 8 Oktober 2020.

Hadir dalam Rakordal ini Wakil Bupati Gunung Mas,  Efrensia L.P Umbing,  Asisten II Sekretaris Daerah, Forkopimda, seluruh camat, dan perangkat daerah. 

Kepala Bappedalitbang Gunung Mas, Yantiro Aulia mengatakan Rakordal ini untuk mengetahui secara langsung perkembangan pelaksanaan rencana pembangunan berupa realiasi atau informasi pembangunan baik keuangan maupun fisik yang didanai dari APBD dan APBN yang dilaksanakan perangkat daerah. 

Selain itu untuk menginventarisasi permasalahan dan kendala yang dihadapi serta tidak lanjut yang diperlukan dalam pelaksanaan pembanguan tahun anggaran 2020 baik bersumber dari APBD maupun APBN. 

"Kemudian untuk mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan dari dana APBD dan APBN sesuai sasaran dan target yang ditetapkan," katanya.

Dia mengakui dari hasil Pra Rakoldal yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, realisasi anggaran yaitu sebesar 71,52 persen sedangkan untuk realiasi keuangan belanja daerah sebesar 52, 39 persen. 

"Capaian realisasi ini belum sesuai target yang ditetapkan 85 persen pada triwulan III. Dan hingga triwulan III ini masih ada perangkat daerah yang penyerapan belanjanya di bawah 50 persen," bebernya. 

Hal itu karena ada beberapa kendala yang bervariasi seperti kendala pada dana kelurahan yang belum cair dan belum dilaksanakan karena adanya masalah administrasi. 

"Sebagian lagi, disebabkan karena adanya kebijakan pembatasan sosial baik berskala besar maupun lokal yang bersifat mengumpulkan orang banyak," tandasnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru