Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk Dukung Pengembangan Ekowisata Desa Pilang di Pulang Pisau

  • Oleh Advertorial
  • 08 Oktober 2020 - 11:05 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk memberikan dukungan pengembangan ekowisata kepada Pemkab Pulang Pisau. Itu mengemuka dalam rapat di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pulang Pisau, Rabu, 7 Oktober 2020.

Adapun dukungan itu berupa pengembangan ekowisata di Desa Pilang, yang juga terdapat gugusan Pulau Salat untuk tempat pra pelepasliaran Orangutan. Dan itu merupakan kerjasama PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk dan BOSF sejak 2016 lalu.

Pertemuan tersebut dihadiri Plt Kepala Dinas Budpar Pulang Pisau, Osa Maliki,  perwakilan dari Kesatuan Pengelola Hutan (KPH), Head Sustainibility PT SSMS Tbk Rudy Hendrarto, dan Dept Head CSR PT SSMS Tbk, Kharis Nuryanto, serta perwakilan dari Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF).

Dalam kesempatannya, Osa Maliki mengapresiasi bentuk dukungan itu. Apalagi, pemkab sedang mengembangkan potensi wisata yang ada, termasuk di Desa Pilang.

"Desa Pilang dengan potensi wisata susur sungai, budaya, dan juga lokasi pra pelepasliaran orangutan sangat menarik bagi wisatawan," kata dia.

Namun harus disiapkan dengan baik, karena lokasi ini juga terdapat tempat prapelepasliaran orangutan.

Sementara itu, Head Sustainibility PT SSMS Tbk, Rudy Hendrarto menjelaskan, lokasi prapelepasliaran orangutan  ini harus dijaga agar meminimalisir kontak antara manusia dan satwa dilindungi itu.

"Tempat prapelepasliaran orangutan di Pulau Salat ini ibarat sekolahnya orangutan. Satwa dilindungi ini dilatih untuk bisa mandiri agar bisa bertahan hidup di habitatnya yaitu hutan sesungguhnya," jelas Rudy.

Persiapan infrastruktur parawisata dalam rangka menyambut wisatawan juga perlu dilakukan dengan baik, agar wisata Desa Pilang bisa berjalan secara berkesinambungan. (ADV)

Berita Terbaru