Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Wacanakan Pegawai Baru Wajib Tes Urine

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Oktober 2020 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai upaya mencegah penyalahgunaan dan peredaran Narkotika dilingkup Pemerintahan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Pemkab Kobar akan memberlakukan wajib tes urine bagi pegawai baru yang akan masuk di Pemkab Kobar.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, sebagai upaya mendukung pencegahan peredaran penyalahgunaan narkotika, seuaai Intruksi Presiden Nomor 2 tentang RAN P4GN.

"Untuk mencegah penyalahgunaan Narkotika dilingkup ASN akan kita atur nanti dalam Perda, sebelum mereka masuk sebagai pegawai di Pemkab wajib tes urine dulu," tuturnya, Rabu, 7 Oktober 2020.

Nantinya, lanjut Ahmadi Riansyah, tidak hanya ASN saja yang wajib test urine. Namun semua pegawai termasuk tenaga kontrak diwajibkan untuk tes urine. Hal ini semua dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkotika.

"Nantinya tidak hanya pad saat akan masuk saja di tes urine. Tetapi akan kita rutinkan bila memungkinkan sesuai intruksi dari BBN bahwa persemester, jadi dalam 1 tahun bisa 2 kali," ungkapnya.


Sehingga, kata Ahmadi Riansyah umtuk mengakomodir itu semua, Pemkab perlu menyiapkan anggaran untuk masing - masing SKPD agar bisa melaksanakan hal tersebut. 

Ditambahkannya bahwa, Kobar memiliki tantangan besar dalam menghadapi masalah Narkotika, mengingat Kobar merupakan salah satu daerah yang letak geografisnya sangat potensi bagi pengedar narkoba untuk melakukan aksinya. Sehingga disini diperlukan sinergitas yang baik antara pemerintah daerah dengan stakeholder terkait dalam memberantas Narkoba.

"Tentunya kami pemerintah daerah bersama seluruh lapisan masyarakat Kobar, mengucapkan terima kasih kepada BNN Provinsi dan BNN Kabupaten, yang sudah melakukan upaya - upaya penanganan kasus narkoba di Kobar. Tentu harapan Kita ke depan ini akan terus kita tingkatkan sinergitas kita ini," tuturnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru