Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Perikanan Kapuas Tindak Lanjuti Usulan Kelompok Pembudidaya Ikan di Dadahup

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Oktober 2020 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas telah menindak lanjuti sejumlah usulan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Bapuyu di Desa Dadahup, Kecamatan Dadahup.

Sekretaris Dinas Perikanan Kapuas, Jhon Pita Kadang bersama rekan-rekan dari Bidang Pemberdayaan Pembudidaya Ikan pun telah melakukan survei identifikasi dan verifikasi ke Desa Dadahup, Kecamatan Dadahup. 

"Iya, belum lama tadi kami sudah kunjungi Pokdakan Bapuyu Dadahup. Kegiatan tersebut adalah bentuk tindak lanjut dari usulan mereka awal tahun lalu," kata Jhon Pita Kadang, Kamis, 8 Oktober 2020.

Ia menyebutkan, sebelum semua usulan mereka terpenuhi, pihaknya menyambangi kediaman Ketua Pokdakan Bapuyu Dadahup, Noboansyah sekaligus melakukan survei lokasi demi melihat langsung kondisi kolam yang dimiliki kelompok tersebut. 

"Para kelompok pembudidaya ikan di desa Dadahup sendiri rata-rata memiliki luas kolam kisaran 5x8 m sampai dengan 10x5 m per kolam," tuturnya.


Jadi, pihaknya melaksanakan survei sambil melakukan pengecekan kondisi air di sana dulu bagaimana, sebelum proses bantuan nantinya disalurkan.

Analis Budidaya Perikanan Sibianor menambahkan untuk bantuan tersebut merupakan salah satu dari sekian usulan kelompok masyarakat yang terealisasi tahun ini.

“Rencananya akan direalisasikan akhir Oktober tahun ini, semoga saja bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ucap Sibiannor.

Sibi juga mengharapkan kiranya bantuan tersebut nanti bisa meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat di Desa Dadahup sendiri.

Sementara itu, Ketua Pokdakan Bapuyu Dadahup, Noboansyah menyampaikan pembudidaya ikan mengalami kendala dari faktor alam yakni dengan kondisi air yang sangat asam, sehingga memerlukan bantuan kapur dolomite yang banyak.

Berita Terbaru