Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Pengawas Pemilu di Barito Selatan Jalani Rapid Test

  • Oleh Uriutu
  • 10 Oktober 2020 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Sebanyak 130 anggota pengawas Pemilu se Barito Selatan menjalani rapid test, di halaman kantor Bawaslu Buntok, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Ketua Bawaslu Barsel Nur Chambyah mengatakan, jumlah semua pengawas pemilu mulai dari Bawaslu, Panwascam  dan panwas lapangan desa dan kelurahan sebanyak 130 orang.

“Untuk hari ini jumlah pengawas  pemilu di rapid tes sebanyak 57 orang dari Kecamatan Jenamas, Dusun Selatan, Karau Kuala dan Dusun Utara,” kata Nur Chambyah.

Sementara untuk Kecamatan Gunung Bintang Awai telah dilaksanakan pada Jumat, 9 Oktober 2020.

Rapid test dilakukan tujuannya agar teman-teman ditingkat penyelenggara pemilu ditingkat Bawaslu dalam pengawasan bertemu langsung dengan masyarakat.

“Intinya rapid test ini dilakukan untuk mencegah klaster di Bawaslu khususnya bagi rekan-rekan pengawas dilapangan,” jelas dia.

Ia menyebutkan jika hasil rapid test ada raktif, nantinya data reaktif akan segera diserahkan oleh pihak Tim Gugus Tugas dan diminta istirahat dari tugas karena menjalani isolasi.

Sementara tugas pengawasan untuk sementara digantikan atau dibantu oleh rekan pengawas lainnya.

Menurutnya rapid test juga sebagai langkah protokol kesehatan dijajaran pengawas sebelum melakukan tugasnya pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

“Hal ini juga memberikan kepercayaan kepada masyarakat jika pelaksana pengawas telah melakukan deteksi ketat kepada para petugas,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru