Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pandeglang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kejar Target PAD, Camat Pematang Karau Lakukan Pendataan di Pasar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Oktober 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kecamatan Pematang Karau melakukan pendataan di pedagang di Pasar Bambulung, Minggu, 11 Oktober 2020.

Camat Pematang Karau, Edy Adwar mengungkapkan, pendataan dilakukan untuk mengetahui jumlah pedagang sehingga bisa menghitung potensi pendapatan asli daerah atau PAD dari retribusi pasar dalam satu bulan maupun satu tahun.

"Selama ini pendataan belum pernah dilakukan sehingga penarikan retribusi tidak maksimal," ungkap Edy di Bambulung.

Dampak tidak maksimalnya penarikan retribusi pada 6 buah pasar mingguan yang ada di Kecamatan Bambulung, pencapaian target PAD kecamatan yang belum lama dipimpinnya itu sulit sekali tercapai.

Dia menambahkan, jika dikelola dengan baik penggalian pendapatan asli daerah melalui sektor pasar yang ada di desa masih bisa ditingkatkan.

"Sebenarnya kalau dihitung-hitung ada beberapa kegiatan yang bisa mendatangkan tambahan pendapatan untuk daerah selain retribusi pasar yaitu parkir roda dua dan roda empat serta biaya kebersihan," imbuhnya.

Menurut Edy, untuk mendukung upaya tersebut, saat ini Pemerintah Kecamatan Pematang Karau telah melakukan pendataan di 5 buah pasar yang ada.

"Yang belum tinggal satu pasar lagi yaitu Pasar Muara Plantau. Kami berharap upaya ini dapat mendongkrak PAD di Kecamatan Pematang Karau," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru