Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Kemarau,Tiga Desa diKecamatanGunung Timang Bangun Sumur Bor Tanpa Pompa

  • Oleh Ramadani
  • 11 Oktober 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Mengantisipasi kesulitan air musim kemarau di areal persawahan di wilayah Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, tiga desa yakni Desa Ketapang, Desa Kandui dan Desa Tongka membangun pompanisasi air dangkal atau sumur bor tanpa pompa.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Ir Setia Budi, Minggu 11 Oktober 2020 di Muara Teweh mengatakan di samping melaksanakan kegiatan perbaikan saluran irigasi di tiga Kecamatan, kelompok tani (Poktan) di tiga desa di Kecamatan Gunung Timang juga membangun pompanisasi air dangkal tanpa menggunakan pompa.

“Alhamdulillah, pembuatan sumur bor artesis di Desa Ketapang telah selesai dan berhasil. Kemudian Desa Kandui dan Desa Tongka akan menyusul. Semoga program Bupati Barito Utara H Nadalsyah menuju swasembada beras, akan sukses,” kata Setia Budi.

Ia juga menjelaskan bahwa sumur bor artesis ini air mengalir tanpa dipompa dengan diameter pipa 4 inci dengan kedalaman 113 meter. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kesulitan air pada musim kemarau untuk daerah persawahan di wilayah Kecamatan Gunung Timang.

Ini, jelas Setia Budi, merupakan salah satu yang menarik bagi kita untuk pengembangan kedepannya di daerah-daerah rawa itu ternyata kalau saat musim kering bisa menggunakan air dari pompanisasi tanpa ada bantuan pompa (keluar sendiri dari sumur bor).

“Sumur bor artesis ini, air keluar karena ada tekanan dari dalam tanah. Air keluar sendiri tanpa ada bantuan dari mesin pompa. Sumur artesis di Desa Ketapang ini sudah hampir 10 hari,” kata Setia Budi. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru