Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis Pertanian Barito Utara: Perbaikan Saluran Irigasi Tingkatkan Produksi dan Luas Tanam

  • Oleh Ramadani
  • 11 Oktober 2020 - 23:45 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui program Dinas Pertanian (Distan) setempat melaksanakan perbaikan saluran jaringan irigasi di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Teweh Selatan, Kecamatan Gunung Timang dan Kecamatan Montallat dengan sasaran perbaikan jaringan irigasi 800 hektar.

“Perbaikan jaringan irigasi ini gunanya dalam rangka peningkatan produksi dan penambahan luas tanam. Artinya begini, seperti contah di Dusun Transbangdep, ada lokasi-lokasi yang dari dulu selalu tergenang air, jadi tidak bisa ditanami karena saluran irigasi pembuangannya tidak ada, dan kini sudah normal,” kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi, Minggu 11 Oktober 2020.

Adapun perbaikan jaringan irigasi yang berada di tiga kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Montallat berada di Desa Pepas, Kelurahan Tumpung Laung dan Montallat, Kecamatan Gunung Timang meliputi Desa Rarawa, Desa Malungai, Desa Majangkan dan Desa Walur, kemudian Kecamatan Teweh Selatan meliputi Desa Trahean dan Bangdep.

Saat ini, lanjut Setia Budi, telah dilaksanakan perbaikan saluran irigasi di Transbangdep. Satu jaringan irigasi tersebut kurang lebih sepanjang 1.200 meter. Kemudian ada juga jaringan yang menyeberang jalan. Hal itu dalam rangka penyedotan, karena di lokasi leter S tersebut selalu tergenang air.

“Perbaikan jaringan irigasi ini dalam rangka memacu terus peningkatan produksi tanaman pangan, terutama sasaran kita adalah areal persawahan. Mudah-mudahan nantinya bisa efektif,” kata Setia Budi.

Dia menambahkan, perbaikan tersebut dilakukan dua kali musim tanam sebagaimana arahan Bupati Barito Utara H Nadalsyah pada saat tanam bersama di Dusun Transbangdep beberapa waktu lalu. Dalam arahan bupati tersebut, selama pandemi Covid 19, petani terus melakukan kegiatan tanam.

“Alhamdulillah kita mendapat dukungan dari pusat untuk pendanaannya yang bentuk kegiatannya adalah secara swakelola. Ini juga tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang juga ikut melakukan loby di provinsi dan pusat,” tuturnya. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru