Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Monitoring Pembuatan Saluran Irigasi di Desa Pepas

  • Oleh Ramadani
  • 11 Oktober 2020 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Setia Budi bersama pejabat di lingkup Dinas Pertanian, mantri tani, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Montallat melakukan monitoring kegiatan pembuatan saluran irigasi di Desa Pepas, Kecamatan Montallat, Minggu 11 Oktober 2020.

“Pembuatan saluran irigasi di Desa Pepas ini semula ditargetkan sepanjang 1.400 meter, dan saat ini sudah terbangun sepanjang 2.100 meter. Hal ini juga dengan ada dukungan penuh dari Bupati Barito Utara H Nadalsyah melalui program “Barito Utara Menuju Swasembada Pangan,” kata Setia Budi.

Ia juga mengatakan agar semua dari poktan, petugas tekhnis, PPL, mantri tani, petugas pengendali hama dan jajaran Dinas Pertanian Barito Utara terus semangat menyukseskan progran tersebut.

Dia menjelaskan, pelaksanaan perbaikan saluran irigasi ini dilakukan di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Teweh Selatan, Kecamatan Gunung Timang dan Kecamatan Montallat dengan sasaran perbaikan jaringan irigasi 800 hektar yang dikerjakan secara swakelola dari kelompok petani. 

“Dalam kegiatan perbaikan saluran irigasi ini, Dinas Pertanian hanya meminjamkan alat berat dan biayanya semua ditanggung oleh petani (Kelompok Tani). Kemudian juga ada bantuan mobilisasi alat berat dari Bupati Barito Utara H Nadalsyah,” kata dia.

Dalam kegiatan perbaikan saluran irigasi ini, lanjutnya, para kelompok tani juga dibantu RAB gambar pendamping dari Dinas Pertanian. Kegiatan perbaikan ini dinamakan Optimalisasi Lahan, Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani (Oplaserasi).

Oplaserasi ini adalah kegiatan perbaikan jaringan saluran irigasi dari Desa Majangkan, Desa Baliti, Desa Ketapang, Desa Rarawa, Montallat, Tumpung Laung, Desa Pepas yang menggunakan alat berat dari Dinas dan dikerjakan secara swakelola. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru