Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maturitas SPIP Inspektorat Kota Palangka Raya Naik Level III

  • Oleh Hendri
  • 13 Oktober 2020 - 18:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Inspektorat Kota Palangka Raya tahun ini mendapatkan maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dari level II menjadi level III. 

Peningkatan itu berdasarkan hasil penilaian BPKP Provinsi Kalimantan Tengah terhadap fungsi pengawasan internal yang dilaksanakan jajaran Aparatur Pengawas Internal Pemerintah atau APIP pada inspektorat. 

Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, ptingkatan maturitas dibagi dalam lima level. Di antaranya level 0 belum sekali belum ada kebijakan dan prosedur pelaksanaan pengendalian intern.

Level I praktik pengendalian intern bersifat ad hoc dan tidak terorganisasi serta tanpa komunikasi dan pemantauan. Kemudian, level II praktik pengendalian tidak terdokumentasi dengan baik dan belum ada evaluasi efektivitasnya.

Sedangkan Level III yang diduduki inspektorat kota saat ini praktik pengendalian telah terdokumentasi namun evaluasinya masih tanpa dokumentasi yang memadai.

"Target selanjutnya level IV dengan pengendalian intern diterapkan dengan efektif dan ada evaluasi formal yang terdokumentasi," ungkapnya, Selasa 13 Oktober 2020.

Pihaknya terus berupaya agar muturitas tersebut naik menjadi level tertinggi dengan sistem pengendalian intern diterapkan dengan berkelanjutan terintegrasi dalam pelaksanaan kegiatan dan didukung pemantauan otomatis masing-masing SOPD. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru