Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan dari Pelaksanaan Musrenbang Desa Sidorejo Tamban Catur

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Oktober 2020 - 11:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Musyawarah perencanaan pembangunan tingkat desa (Musrenbang-Des) tahun anggaran 2021 yang terakhir di wilayah Kecamatan Tamban Catur dilaksanakan di Desa Sidorejo.

Kegiatan ini membahas dan menyepakati beberapa rencana pembangunan dalam jangka menengah desa yang akan diprioritaskan oleh desa pada tahun anggaran 2021. Selanjutnya, diharapkan rencana tersebut disusun oleh tim RKP desa.

Camat Tamban Catur, Rustamaji melalui Kasi Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Sunarno menjelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Desa Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 202, perlu dan diharapkan bagi desa untuk menganggarkan dana yang sangat prioritas.

"Di antaranya program SDGS, Pemulihan Ekonomi, program adaptasi kebiasaan baru (new normal), program penuntasan stunting dan program Food estate," kata Sunarno, Rabu, 14 Oktober 2020.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kepala desa beserta perangkatnya, pendamping desa, pendamping kecamatan karena ini adalah Musrenbang-Des terakhir yang dilaksanakan di Kecamatan Tamban Catur pada tahun 2020 ini.

Sementara itu, Kapolsubsektor Tamban Catur, Ipda Mashudi Pratikno mengingatkan tentang perlunya menjaga keamanan dan ketertiban selama pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah dengan mengaktifkan kembali Siskamling.

Selanjutnya, Damang Tamban Catur, Tena Davitson mengingatkan kembali tentang larangan bagi masyarakat untuk membakar hutan dan lahan. Perlunya selalu koordinasi antara pemerintah desa dan lembaga adat (Mantir Desa) agar semua masalah dapat diselesaikan sedini mungkin di masyarakat dengan harapan tidak sampai ke kasus hukum atau pidana.

“Desa Sidorejo ini adalah salah satu desa yang dapat dijadikan sebagai contoh terutama dalam kerukunan umat beragama, adat istiadat serta kekompakan warganya,” ucap Tena.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan kegiatan penyerahan BLT-DD Tahap II salur VI Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Sidorejo, Winaryo.

Acara Musrenbang-Des di Desa Sidorejo Kecamatan Tamban Catur ini dihadiri Perangkat, BPD, RW/RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, PKK desa dan juga Tim Penyusun RKP Desa Sidorejo. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru