Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Tanggapan Kadisdik Provinsi Kalteng Ada Guru yang Hanya Memberi Tugas Saat Pembelajaran Jarak Jauh

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Oktober 2020 - 20:01 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan atau Kadisdik Provinsi Kalimantan Tengah Mofit Saptono Subagio menanggapi keluhan yang sering disampaikan orang tua siswa terkait adanya guru yang hanya memberikan tugas kepada peserta didik saat pembelajaran jarak jauh atau PJJ.

"Di Kalimantan Tengah terdapat 400 SMA, SMK dan SLB dengan jumlah guru mencapai 5.200 orang, jadi tipikal guru seperti itu masih saja ada," ungkap Mofit di Tamiang Layang, Rabu, 14 Oktober 2020.


Menurutnya, dinas pendidikan tidak menutup jika ada segelintir guru-guru yang seperti itu, karena itu dia berharap peran kepala sekolah, pengawas dan wakil kepala sekolah untuk mengontrol proses pembelajaran.

Dia menambahkan, kunjungannya kerjanya ke Barito Timur kali ini, salah satunya bertujuan untuk memberikan pengertian kepada kepala sekolah maupun guru terkait masalah seperti itu.

"Proses belajar itu eksponensial, harus ada penjelasan terhadap materi yang diajarkan, setelah itu dievaluasi. Bukan hanya memberikan penugasan kepada ada siswa," tegasnya. Dia berharap kedepannya tidak ada lagi guru yang mengajar dengan cara seperti itu.

"Saya berhadapan dengan kepala sekolah yang terpelajar, pengawas yang terpelajar, saya juga berhadapan dengan guru yang terpelajar. Harapan saya, kita harus mereduksi sikap-sikap guru yang seperti itu," pesannya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru