Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wilayah Katingan Terus Diguyur Hujan Lebat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 15 Oktober 2020 - 19:21 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Curah hujan di wilayah Kabupaten Katingan sejak beberapa hari terakhir kembali tinggi.

Dari informasi yang dikumpulkan, sebagian besar wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan sejak beberapa hari ini diguyur hujan lebat.

Misalnya di Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, Kamis, 15 Oktober 2020 hari ini diguyur hujan lebat. Hujan lebat mengguyur dinihari tadi dan berlangsung hingga pukul 04.00 WIB.

Menjelang sore hari ini Kota Kasongan kembali diguyur hujan lebat. Hingga berita ini dipublish hujan lebat masih mengguyur Kasongan dan sekitarnya.

Akibat curah hujan yang kembali tinggi ini menyebabkan sejumlah draenase di Kota Kasongan meluap. Intensitas hujan yang tinggi juga menyebabkan Sungai Katingan berangsur pasang dari sebelumnya mulai surut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Suryadilaga menuturkan, curah hujan yang kembali tinggi sejak beberapa hari terakhir ini meminimakisir adanya titik  panas yang sebelumnya mulai terjadi di beberapa wilayah kecamatan.

Eka mengaku memasuki Oktober 2020 ini berdasarkan prakiraan pihak BMKG Kalteng memang sudah memasuki musim penghujan, dan wajar jika hujan sudah mulai terjadi.

Eka menyebut tahun ini di daerahnya dan  Kalteng pada umumnya saat musim kemarau terjadi kemarau basah, artinya disela panas namun hujan selalu terjadi.

Dia menggambar pada musim kemarau di Katingan malah terjadi banjir dengan 10 wilayah kecamatan yang ada terdampak banjir.

Eka mengimbau masyarakat yang bermukim di bantaran Sungai Katingan agar selalu mewaspadai datangnya banjir kiriman. Pasalnya saat ini di wilayah hulu DAS Katingan mulai meluap. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru