Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Surakarta Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecamatan Kapuas Timur Gelar Musrenbang Desa Untuk Susun Rencana Pembangunan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 16 Oktober 2020 - 11:15 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kecamatan Kapuas Timur menggelar musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbang-des) di tujuh desa yang ada di wilayah setempat.

Camat Kapuas Timur, Ansyari menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbangdes dilaksanakan di tujuh desa se Kecamatan Kapuas Timur namun dengan waktu dan tempat yang berbeda. Tujuannya untuk menyusun rencana program pembangunan.

"Musrenbangdes tingkat desa ini dilaksanakan berdasarkan pembahasan dan penyampaian usulan-usulan Rencana lembangunan desa dari Anggaran Dana Desa (DD) atau Anggaran Dana Desa (ADD) yang didanai dari APBD dan APBN di desa masing-masing tahun 2021," kata Ansyari, Jumat, 16 Oktober 2020.

Lebih lanjut, Ansyari menerangkan, Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat desa untuk mendapatkan masukan atau usulan

"Terutama mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah desa serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa di kecamatan," jelasnya.

Masukan itu, lanjut dia sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Perangkat Daerah pada tahun berikutnya.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memicu partisipasi, kerjasama dan kerja keras bersama, desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Kapuas Timur dapat menjadi lebih baik di masa yang akan datang," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru